Sejarah PGS Pusat Grosir Surabaya

PGS Pusat Grosir Surabaya Terbesar di Jawa Timur

PGS Pusat Grosir Surabaya adalah pusat grosir yang terletak di kota Surabaya dan merupakan pusat grosir terbesar di Jawa Timur. Di PGS berdiri lebih dari 2000 stand yang menandakan bahwa keberadaan pusat grosir ini mendapat sambutan positif masyarakat Surabaya dan sekitarnya, terutama yang membutuhkan produk-produk murah dan berkualitas.

pusat grosir di surabaya

Hampir semua produk tersedia disini yang tentunya dapat dibeli secara grosir seperti, baju, kaos, busana muslim, tas, sepatu, dan perlengkapan busana lainnya. sebagai salah satu pusat grosir termurah di Indonesia, PGS tidak pernah sepi pengunjung. Ribuan konsumen setiap hari memadati tempat ini untuk sekedar jalan-jalan atau sengaja kulakan produk-produk tertentu untuk dijual kembali. Hal ini menjadikan PGS salah satu pusat grosir dengan tumbuh kembang paling signifikan di tanah air.

Berdiri Tahun 2007

Sejarah Pusat Grosir Surabaya yang mulai beroperasi sejak tahun 2007 ini tak lepas dari keberadaan Pasar Turi yang berlokasi sangat dekat dengan PGS. Pasar Turi sebagai pusat perdagangan yang sudah berkembang sejak tahun 1970 memang mengalami kemajuan yang sangat pesat ditahun-tahun berikutnya. Hingga puncaknya pada tahun 2000 Pasar Turi mengalami booming dimana banyak kalangan merasa bahwa Pasar Turi butuh perluasan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Hal ini sangat beralasan sebab saat itu pengunjung Pasar Turi tidak hanya datang dari Surabaya dan kota-kota lain di Jawa Timur, melainkan juga dari Makassar, Ambon, Jayapura, dan kota-kota besar di Indonesia Bagian Timur lainnya.

Semakin melonjaknya pengunjung Pasar Turi membuat perusahaan PT. Lamicitra Nusantara Tbk sangat tertarik untuk memanfaatkan potensi perdagangan tersebut. Hal ini mendorong pihak manajemen PT. Lamicitra Nusantara untuk mencari lokasi yang strategis yang nantinya digunakan sebagai pusat grosir diluar Pasar Turi. Langkah tepat PT. Lamicitra Nusantara membuahkan hasil ditandai munculnya kerjasama dengan PT. Kereta Api Indoensia (KKI) untuk menggunakan sebagian lahan emplasemen di stasiun Pasar Turi. Diluas lahan sekitar 10.000 meter persegi milik PT. KKI tersebut kemudian dibangun PGS Pusat Grosir Surabaya namun tetap bersinergi dengan Pasar Turi lama.

Pusat Grosir Paling Lengkap

Setelah melalui proses yang cukup panjang, pembangunan Pusat Grosir di Surabaya ini dimulai pada tahun 2003, tentunya masih dibawah kendali PT. Lamicitra Nusantara Tbk. Proses pembangunan berjalan mulus dan pada tahun 2007 pengerjaannya selesai. PGS sendiri memiliki fasilitas yang lengkap dimana didalamnya terdapat 2300 stand (ruang toko) dan ditahun yang sama sudah mampu terisi sekitar 30 persen. Ke-2300 stand tersebut tersebar mulai dari lantai dasar dan lantai 1 hingga lantai 4, sementara untuk lantai 5 dan 6 digunakan sebagai area parkir khusus kendaraan roda empat.

PGS di surabaya

Ketika Pasar Turi dan PGS Pusat Grosir Surabaya beroperasi masing-masing, tanpa disangka pada Juli 2007 Pasar Turi lama terbakar hebat. Kondisi ini membuat para pedagang yang berjualan di Pasar Turi lama pindah ke PGS untuk mendapatkan stand baru baik membeli secara tunai ataupun dengan sistem sewa. Yang pasti mulai saat itu PGS menjadi lebih ramai sementara para pedagang mulai memilih lokasi jualan yang mereka sukai. Untuk memperoleh sistem pengelolaan yang baik dan tertib di Pusat Grosir Surabaya, PT Lamicitra Nusantara Tbk menunjuk salah satu anak perusahannnya yaitu PT. Jasamitra Propertindo untuk mengelola PGS secara profesional hingga sekarang. Kini Pusat Grosir Surabaya menjelma menjadi pusat grosir terbesar dan terlengkap di Jawa Timur dimana dalam setiap harinya terjadi perputaran uang ratusan juta rupiah karena ramainya transaksi.